Iklan

Gelar Syukuran, Setahun Bersama Kerukunan Orang Ende Lio Koe Cikande - Banten

Xpos Berita
Senin, 31 Juli 2023, 15.27 WIB Last Updated 2023-07-31T08:27:36Z





Serang, XPOSBERITA -- Keluarga besar Orang Ende Lio Koe Cikande - Banten, menggelar syukuran dalam Setahun Kerukunan Orang Ende Lio Koe Cikande, Banten, yang dilangsungkan pada Sabtu 29 July 2023, malam di Kediaman Zakarias Zangga Nata (Zack), Hortensia Depe (Dince) Perumahan Puri mas, blok D4 nomor 18, Desa Situteratai, Cikande, Serang, Banten. 


Dengan mengusung Tema " Mai si kita pa ndawi lima, juru pa tuke mboka pa wake" yang bermakna, Marilah kita bergandeng tangan jika ada yang goyah kita topang sama-sama, jika ada yang jatuh kita bopong sama sama, 

Dalam kegiatan tersebut, hadir Ketua Keluarga Besar Ende Lio Koe Cikande, beserta anggota, Ketua Flobamora Banten, Ketua Keluarga Kelimutu Serang, Perwakilan FKPPNTT, Korbid Kepemudaan Flobamora Banten, dan Sesepuh Flobamora Cikande, serta tamu undangan. 




Acara yang dipandu, Richardus Bidi
Yemima Yanti Handayani berjalan khidmat hingga usai. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Koe, Jafar Dato menyampaikan pesan dihadapan semua yang hadir,  "Untuk semua keluarga besar Kao, Kae, Ari, Eja, Watta, Ane, saya secara pribadi, mewakili keluarga besar Ende, Lio, sangat terharu dengan kegiatan tasyakuran Satu tahun koe, karena peran semua keluarga, terutama om Saya Chris, sebagai orang  tua, atau penasehat, walaupun beliau masih muda, saran, maupun idenya sangatlah luar biasa, mudahan beliau dan kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan yang maha esa,dan kedua saya berterima kasih kepada, Bapak dan ibu tua rumah tentunya Eja Zheck dan istri ibu Dince telah menyiap kan tempat, niat baik Eja dan Ibu menjadi amal ibadahnya, dan pesan Saya mudah murah kita semua di beri kesehatan Agar tasyakuran tahun yg datang bisa baik dari sekarang dan kita lebih persiapan nya, terimakasih kepada semua keluarga yg telah berpartisipasi baik tenaga, pikiran, maupun dana menjadi amal ibadah kita untuk bekal di akhir hayat kita Aamin Aamiin ya rabbal Alamin.

Sekali Saya secara pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada keluarga besar Kao, harapan terakhir mari Kita bergandeng tangan Juru paduke, katuh kita sama sama mengangkat," ucap Djafar. 




Dilanjutkan dengan penyambutan Ketua Flobamora, Petrus Paulus Irenius Jehama, disampaikan nya "Anak KOE ENDE bisa berbaur dan bisa di terima dimana pun mereka berada, kepribadian Koe Ende sudah terbentuk dari asal  mereka lahir ya itu Kota toleransi dan kota Pancasila, sudah sewajarnya Koe Ende adalah Garda terdepan untuk mengedukasi apa itu toleransi," pungkas nya. 

Adapun kesan dalam kegiatan tersebut disiratkan oleh Ketua kelurga Kelimutu Serang, Yulius Riwu yang menyempatkan hadir, berujar, "Kalau menurut saya luar biasa, Yang berkesan bagi saya: Saudara-saudara saya keluarga KOE bisa beradaptasi dengan warga setempat, ungkapnya singkat. 



Senada disampaikan Perwakilan dari FKPPNTT, Yosep Daok Klau, "Tetap lah berbuat baik, dan selalu menjadi terang dan garam di mana pun berada terlebih khusus di Cikande dan sekitar nya untuk keluarga besar orang Ende," ujarnya. 

Kemudian, koordinator kepemudaan Flobamora Banten Fransiskus Xaverius Frandy Seda mengatakan dalam giat tersebut, "Sebagai bagian dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, KOE hadir bukan sebagai pelengkap, KOE hadir menjadi bagian yang menjunjung tinggi spiritualitas, kemajemukan dan kekeluargaan dlm basis masyarakat tingkat kecamatan Cikande, momentum satu tahun KOE menjadi dasar untuk semakin mengikat semangat persaudaraan di tanah rantau bersama keluarga besar Flobamora dan juga masyarakat setempat, dengan spirit berjalan bersama, saling topang, bahu membahu,adalah dasar lahirnya KOE Cikande, tetep semangat, semakin maju, jalin silaturahmi dan selalu berbuat yang terbaik utk semua, Dirgahayu buat KOE Cikande," kata Korbid Kepemudaan Flobamora itu. 



Tidak ketinggalan, Sesepuh flobamora Cikande, Marcel Lewa, menyempatkan menyampaikan pesan serta rasa bahagianya dalam acara tersebut, mengatakan, "Acara KOE termasuk Surprise bagi saya. Karena Ekspektasi awal hanya sekedar kumpul keluarga KOE tapi lebih dari itu yaitu membangun persaudaraan sosial dengan memperkenalkan KOE dan Flobamora di Lingkungan Puri dan Sekitar," imbuhya, 



Secara Internal mensyukuri perjalanan KOE  yg baru setahun dengan keakraban. Pesan saya yg tidak membuat kelompok menjadi Eksklusif dan Chaufinis yang merasa lebih hebat dari yang lain dan terpisah dari yang lain. KOE hanya sebuah ruangan sosial untuk lebih spesifik merekat saudara seasal, tanpa meninggalkan saudara yg pernah ada. KITA TETAP SAUDARA WALAU TIDAK SEDARAH ,Moto acara secara Filosofi sangat mengikat logika dan perasaan, untuk tetap bergandengan tangan dan saling membantu dikala susah, itu pesan dan penyampaian saya," tutup Marcel. (Cristian Liga) 
Komentar

Tampilkan

Terkini